Rendang dan Festival Marandang di Sumatera Barat Minang Kabau


 Rendang adalah makanan tradisional dan paling terkenal di sumatera barat, rendang sudah ada sejak dahulu, rendang di minang kabau dahulunya di gunakanak sebagai bekal dalam perjalanan, karena orang minang yang suka merantau dan menempuh perjalanan yang jauh dan memakan waktu yang lama, sehingga rendang di jadikan sebagai bekal untuk di perjalanan.


Rendang jadi pilihan perbekalan di perjalanan karena rendang bisa tahan lama atau tidak mudah basi, kenapa tidak mudah basi??? karena resep atau bumbu - bumbu yang di gunakan untuk memasak rendang dari bahan - bahan pilihan dan dengan cara memasak yang khas pula.


Inti dari memasak rendang adalah pilihan dari penggunaan kelapanya atau santannya, biasanya dahulu untuk memasak 1 kg daging di gunakan 6 buah kelapa, 3 kelapa yang sudah masak dan 3 lagi kelapa yang setengah masak yang biasa di sebut orang minang sebagai   " karambia kalimpiang ". nah hal ini menjadi salah satu rahasia memasak randang minang sehingga bisa bertahan lama atau awet.


Dahulu, ibu - ibu di minang kabau atau sumatera barat untuk memasak rendang membutuhkan waktu berhari hari, dahulu memasak rendang bisa memakan waktu 1 minggu, kenapa? karena dahulu rendang di masak secara berangsur - angsur, di saat santan sudah mulai mendidih maka proses memasak rendang akan di hentikan, dan besok harinya akan di masak lagi sampai santan kembali mendidih, dan baegitu setiap harinya sampai kepada santan sudah menjadi bubuk - bubuk halus atau dedak, dan kayu api untuk memasak rendang juga kayu api dari kulit manis. dan apinya juga selalu di jaga, tidak boleh terlalu besar dan tidak boleh kecil.


Proses Memasak Rendang

Salah Satu Peserta Festival Marandang di Pasbar
Proses Pemasukan Santan ke Dalam Kuali

Menjaga Api yang Harus Selalu Stabil

Proses Mengaduk Santan Untuk Rendang

Membutuhkan 2 atau 3 Orang Untuk Memasak Rendang, Bagian Mengaduk dan Bagian Menjaga Api
Santan Yang Selalu Harus di Aduk/Kacau


Saat ini banyak juga wisatawan yang datang ke sumatera barat untuk belajar memasak rendang, untuk wisatawan yang ingin belajar memasak rendang, PT PESONA JEJAK WISATA  menyediakan cooking class untuk belajar memasak.untuk info lebih lanjut silahkan hubungi contact person.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar