Sumbang 12 Sebagai Aturan Hidup Perempuan Minang



1. Sumbang Duduak (duduk)

Dalam hal duduak atau duduk, perempuan minang juga diaturkan dalam adat. Duduak atau duduk yang sopan bagi perempuan minang adalah bersimpuh, bukan bersila atau tegak lutut seperti laki laki. Kalau perempuan minanag duduak atau duduk di kursi posisinya harus menyamping dan paha dirapatkan, dan kalau berbonceng naik motor duduknya menyamping.


2. Sumbang Tagak (berdiri)


Perempuan minang dilarang berdiri di depan pintu, dan dilarang berdiri di pinggir jalan jika tidak ada yang ditunggu atau dinanti. Perempuan minang juga dilarang berdiri di pinggir jalan dengan laki-laki yang bukan muhrimnya.


3. Sumbang Bajalan (berjalan)


Perempuan minang dilarang berjalan sendirian, setidaknya harus ada orang yang menemani walaupun anak kecil, dan juga dilarang berjalan terburu-buru atau mangdongkak dongkak. Kalau perempuan berjalanan dengan laki laki, perempuan minang akan berjalan di belakang.


4. Sumbang Mangecek (berkata)

Perempuan minang harus mangecek atau berbicara dengan lemah lembut, bicara seperlunya saja dan mudah di pahami. Selain itu juga dilarang untuk memotong pembicaraan orang lain, dan berkata dengan sopan sesuai dengan kato nan ampek.


5. Sumbang Mancaliak (melihat)


Perempuan minang dilarang menantang pandangan lawan jenis, di saat berbicara dengan lawan jenis perempuan minang di haruskan mengalihkan pandangannya pada yang lain, ke samping, menunduk atau kebawah. Selain itu juga dilarang sering-sering melihat jam ketika sedang ada tamu atau berbicara dengan orang lain.


6. Sumbang Makan

Perempuan minang diharapkan jadi perempuan yang lembut dan penuh sopan sangtun, dilarang makan dengan tangan kiri. Ketika makan, ambillah nasi dengan ujung jari, dan jangan membuka mulut lebar lebar,. Selain itu dilarang berbicara sambil makan, dan jika makan menggunakan sendok, jangan sampai sendok menyentuh gigi atau menimbulkan bunyi atau suara saat makan.


7. Sumbang Bapakaian (pakaian)

Pakaian perempuan minang harus sopan, dilarang untuk memakai pakaian yang sempit yang memperlihatkan lekuk tubuhnya, dan di larang memakai pakaian yang transparan. Gunakan pakaian yang longgar dan serasi dengan warna kulit.


8. Sumbang Karajo (bekerja)

Perempuan minang dilarag melakukan pekerjaan yang berat, biasanya perempuan miang dahulu hanya melakukan pekerjaan rumah dan juga menyulam di rumah mereka.


9. Sumbang Batanyo (bertanya)

Saat berbicara, perempuan minang di larang bertanya seperti menguji. Jangan bertanya ketika orang lain sedang berbicara. Bertanya dengan sopan dan lemah lembut, dan bertanya dengan kata-kata yang jelas.


10. Sumbang Jawek (menjawab)

Ketika menjawab, jawablah dengan sopan dan santun, dan jawablah seperlunya saja.


11. Sumbang Bagaua (bergaul)

Perempuan minang dilarang bergaul dengan laki-laki jika hanya dia sendiri yang perempuan. Perempuan minang yang sudah dewasa juga dilarang bergaul dengan anak kecil dan ikut permainan mereka.


12. Sumbang Kurenah (berprilaku)

Perempuan minang dalam berprilaku juga diaturkan dalam adat. Dilarang berbisik ketika sedang bersama-sama, jangan menutup hidung di keramaian. Jangan meludah dekat orang lain, dan jangan tertawa terbahak bahak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar