RANDANG TALUA


Randang Talua


Randang talua atau rendang telur merupakan jenis makanan yang berasal dari Payakumbuh, Sumatera Barat. Payakumbuh yang memang terkenal dengan rendangnya tidak hanya terkenal dengan rendang dagingnya, tapi juga terdapat rendang yang unik ini, yaitu rendang telur atau randang talua. Yang membedakan randang talua dengan rendang yang biasanya adalah randang talua berbentuk keripik nan renyah berbalut bumbu rendang kering, sedangkan rendang berbentuk potongan daging.

Randang talua [Randang talua kariang oleh Onyaso| CC BY 4.0]

Bahan dan pembuatan

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat randang talua terdiri dari telur ayam, tepung terigu, santan, cabai, garam, merica, bawang merah, bawang putih, dan kunyit.

Cara membuatnya, campurkan telur yang sudah dikocok dengan tepung terigu, tepung beras, garam dan air kemudian aduk hingga rata. Panaskan teflon yang sudah berisi sedikit minyak. Buat dadar seperti kulit lumpia dari adonan tersebut hingga habis. Potong sesuai selera. Goreng dengan api sedang hingga teksturnya kering.

Bahan-bahan pembuat randang talua

Bahan utama ditambahkan dengan cabai












Untuk membuat bumbunya, panaskan minyak goreng kemudian tumis serai, daun jeruk, daun salam dan bumbu halus dengan api kecil hingga harum. Tuang santan kedalam tumisan tadi dan aduk hingga bumbu menjadi kering. Setelah benar-benar kering, masukan telur tadi ke dalam bumbu dan aduk hingga merata.


Adonan bahan utama didadar seperti kulit lumpia
Bumbu rendang dimasak hingga kering

Randang talua ini dapat dimakan sebagai kudapan, dan dapat juga dimakan bersama nasi hangat. Kudapan ini dapat disimpan hingga 6 bulan di suhu ruangan. Biasanya randang talua dijual di toko oleh-oleh Payakumbuh atau daerah lainnya.

Pemesanan

17 komentar:

  1. butuh waktu berapa lama untuk membuat randang talua ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk proses pembuatan rendang biasanya membutuhkan waktu 4 - 5 jam

      Hapus
  2. Apa saja bahan² yang diperlukan untuk membuat randang talua

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk bahan - bahan pembuatan rendang telur ada beberapa bahan yang di gunakan
      seperti :
      kelapa / santan
      rempah - rempah - kunyit, lengkuas, serai dll
      telur ayam

      Hapus
  3. Randang talua sangat banyak penggemar nya terutama saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk pemebelian rendang telurnya bisa langsung kunjungi toko mizaki yang ada di kota padang panjang, dan kita juga bisa pengiriman ke luar kota untuk pembelian secara online

      Hapus
    2. Iya kakak...bisa diorder dalqm jumlah banyak dan custom, kita sudah pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia dan International

      Hapus
  4. Sepertinya sangat enak untuk di cicipi

    BalasHapus
  5. Cocok untuk dijadikan oleh oleh

    BalasHapus
  6. Favorit bgt sama randang talua ♥️♥️

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah...silahkan kepoin rendangmizaki_indonesia

    BalasHapus