PUNCAK LAWANG


Puncak Lawang merupakan salah satu destinasi objek wisata alam yang terletak di Kabupaten Agam, Sumatera Barat, baik wisatawan domestik maupun wisatawan manca negara. Daearah Puncak Lawang berada di ketinggian 1.200 mdpl dengan temperatur 21-24℃. Di pagi dan sore hari biasanya cuacanya lebih dingin.

Keunikan yang ada di puncak lawang :

1. Kerbau Berkacamata

Daerah Puncak Lawang terkenal dengan pengahsil tebu, dimana hampir semua penduduk di Puncak Lawang ini bekerja sebagai petani tebu. Teb -tebu ini ada juga yang dikirim keluar daerah untuk dijual lagi oleh pedagang-pedagang di kota Bukittinggi, Payakumbuh, dan kota Padang.

Masyarakat di Puncak Lawang biasanya mengolah tebu untuk di jadikan gula tebu. Proses pemerasan tebunya pun masih banyak yang tradisioanl menggunakan tenaga kerbau. Kerbau tersebut akan bekerja menggiling tebu sekitar 2 samapi 3 jam sehari. Kerbau diikatkan pada tempat penggilingan tebunya, dan mata kerbau akan di tutup dengan tempurung kelapa yang dilapisi kain agar kerbau tidak pusing di saat berputar-putar untuk menggerakan mesin penggilan tebunya.

Kerbau berkacamata puncak lawang
Wisatawan asal Malaysia berfoto di penggilingan tebu dengan Kerbau Berkacamatanya

Proses memasak gula tebu

Proses memasak air tebu menjadi gula tebu yang di lakukan masyarakat Puncak Lawang ini bisa kita saksikan hampir setiap hari. Mereka masih menggunakan alat-alat tardisional untuk memproses gula tebunya. Cetakan untuk membentuk gula tebunya ada yang masih terbuat dari tempurung kelapa, dan untuk pembakarannya bisasanya mereka tidak menggunakan kayu, tetapi menggunakan ampas dari perasan tebu itu sendiri yang sudah di jemur terlebih dahalu.

Proses pembuatan kacang rendang

Selain penghasil tebu, daerah Puncak Lawang juga merupakan daerah pengahsil kacang rendang. Kacang rendang adalah kacang tanah yang dimasak dengan cara disangrai menggunakan pasir yang sudah di panaskan. Kacang diaduk sampai benar-benar sudah matang, dan untuk harga kacang rendangnya juga bervariasi tergantung dari kualitas kacang tanahnya.



2. Lawang Top View
lawang top view juga menajdi salah satu spot berfoto yang banyak di kunjungi oleh wisatawan, kalau kita datang di saat cuaca cerah, kita bisa melihat keindahan dari danau maninjau dan kampung kampung yang ada di sekeliling danau maninjau dari ketinggian.

selain lawang top view, ada juga beberapa tempat yang bisa kita kunjungi di puncak lawang, seperti lawang park dan objek wisata puncak lawang, untuk objek ini kita di kenakan biaya masuk sekitar rp 25.000 per orang, di puncak lawang kita bisa menikmati atraksi paralayang, tarif untuk bisa menikmati para;ayang ini berkisar sekitar rp 600 - 700 ribu rupiah per orang dengan durasi 1 - 2 jam. dan di puncak lawang dan lawang park juga ada homestay dan cottage yang bisa di sewa oleh wisatan yang ingin menginap di daerah puncak lawang

Puncak Lawang
Pemandangan di puncak lawang

Info paket tour puncak lawang : 

PT Pesona Jejak Wisata TnT
Alamat : Jalan Kinantan No. 61a, Kel. Kubu Gulai Bancah, Kec. Mandiangin Koto Selayan, Kota Bukittinggi. 26122

5 komentar:

  1. Tempat yang bagus dan menarik untuk dikunjungi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat bagus untuk yang butuh ketenanga, dan susana pedesaan yang asri, untuk info paket tournya boleh kontak langsung melalui whatsapp

      Hapus
  2. Puncak Lawang merupakan tempat yg menarik untuk dikunjungi. Dan juga merupakan daerah penghasil gula tebu yg dibuat dengan cara tradisional

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menajdi salah satu atraksi yang menarik bagi wisatawan yang berkunjung

      Hapus
  3. selain pemandangan, disini juga ada traksi paralayang yang bisa di nikmati oleh wisatawan

    BalasHapus